Mata Kuliah : Penelitian Tindakan Kelas
Dosen : Amran, M.Pd.
Model PTK adalah sebuah pola acuan yang digunakan dalam melakukan penelitian tindakan kelas. Pola ini berupa gambar alur dalam melakukan penelitian tindakan kelas. Pada umumnya model PTK memiliki 4 tahapan kerja yang menjadi acuan dalam melaksanakan PTK yaitu;
1) Tahap perencanaan,
2) Tahap pelaksanaan,
3) Tahap Observasi, dan
4) Tahap refleksi.
Tahap ini berupa siklus yang satu sama lain saling terhubung dan menjadi titik acuan dalam melanjutkan tahap berikutnya.
Adapun beberapa model PTK sebagai berikut;
- Model Kurt Lewin
Model John Elliot
- ketiga model di atas menggambarkan tahapan dalam melakukan PTK, satu siklus adalah satu putaran yang terdiri dari tahapan perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observating) dan refleksi (reflecting).
Tahapan PTK
Tahapan dalam melakukan PTK. Secara garis besar apa yang dilakukan dalam PTK meliputi langkah-langkah berikut dan inilah yang dilakukan pada setiap langkah;
Tahap Perencanaan
- Melakukan refleksi permaslahan apa yang kritis yang perlu diatasi atau diperbaiki tentu juga dengan rencana tindakan yang akan dilakukan
- Melakukan telaah kurikulum, menelaah Kompetensi Dasar dan indicator apakah tepat dengan tindakan yang akan dialksanakan.
- Menyusun Rencana Program Pembelajaran (RPP)
- Menyusun instrumen yang akan digunakan, baik itu tes hasil belajar, maupun lembar observasi
- Menyiapkan media yang akan digunakan
- Menyiapkan hal-hal lainnya yang perlu disiapkan dalam pembelajaran
Tahap Pelaksanaan
Melakukan kegiatan yang telah direncanakan dalam perencanaan.
- Melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode atau media yang telah ditentukan
- Melakukan penilaian hasil belajar
- Melakukan pengamatan pembelajaran siswa yang penting yang dambil dan digunakan sebagai data
- Menghadirkan observer yang melakukan pengamatan di kelas. Observer itu bisa guru pamong atau teman sejawat, mereka mengisi lembar pengamatan pembelajaran yang sudah disiapkan pada tahap perencanaan
Tahap Pengamatan
- Observer melakukan pengamatan secara seksama terkait dengan jalannya pembelajaran.
- Pengamatan dilakukakan terhadap aktivitas siswa atau respon siswa terhadap pembelajaran yang disampaiakan guru
- Observer mencatat hal-hal penting yang terjadi selama pengamatan
Semoga Bermanfaat.
Daftar Pustaka
Aqib, Zainal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.
Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Alhamdulillah bisa ngeblog lagi.
BalasHapus